Ini Tantangan Ekonomi Global Pada 2019

Ekonomi global diprediksi masih menghadapi beberapa tantangan pada 2019. Beberapa tantangan itu pun masih lanjutan dari kebijakan dan kejadian yang terjadi sepanjang 2018. Apa saja tantangan ekonomi global pada tahun ini?
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 11 Januari 2019  |  11:34 WIB
Ini Tantangan Ekonomi Global Pada 2019
Ini proyeksi Bank Dunia terkait pertumbuhan ekonomi dunia. - Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertumbuhan ekonomi global bakal mendapatkan beberapa tantangan pada 2019. Bank Dunia pun merevisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini.

Riset Bank Dunia menunjukkan ekonomi dunia pada 2019 diproyeksikan tumbuh 2,9%. Persentase itu lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya sebesar 3%.

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China menjadi salah satu faktor pemberat pertumbuhan ekonomi. Lalu, aktivitas perdagangan dan kegiatan manufaktur internasional yang dilaporkan lesu sejak penghujung 2018 diperkirakan berlanjut sampai tahun ini.

Kemudian, industri Eropa diprediksi masih melemah dan kian menghambat laju ekonomi global. Beberapa negara berkembang juga tengah dalam tekanan pasar finansial yang substansial.

Hal itu membuat permintaan eksternal melambat, biaya pinjaman meningkat, dan ketidakpastian kebijakan ekonomi yang terus menerus membuat prospek pasar negara berkembang terbebani.

Pertumbuhan ekonomi negara maju diperkirakan sebesar2%. Persentase itu lebih rendah ketimbang estimasi pertumbuhan 2018 yang sebesar 2,2%.

Lalu, pertumbuhan ekonomi negara berkembang diperkirakan sebesar 4,2%. Angka itu lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya sebesar 4,7%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi global, ekonomi dunia, world bank

Tag : ekonomi global, ekonomi dunia, world bank
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top