Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol dan Nasional dari Jawa sampai Sumatra Siap Dilalui Pemudik

Jalan nasional dan tol di Jawa siap dilalui oleh pemudik. Kamu siap mudik?

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan jalan nasional dan tol siap untuk dilalui oleh pemudik lebaran 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadmuljono mengatakan, arus lalulintas jalan tol dan jalan nasional di Jawa sudah siap untuk dikelola oleh Korlantas Polri.

"Jalan nasional di Jawa dan Sumatra secara keseluruhan kesiapannya sudah di atas 90%. Jalan sudah dikategorikan mantap, artinya jalan dalam kondisi baik dan sedang," ujarnya.

Untuk jalan nasional dari Cikampek hingga Semarang kondisinya sudah lebih baik ketimbang tahun lalu.

Di lintas utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 kilometer dalam kondisi mantap 97%. Begitu juga lintas tengah sepanjang 1.197 km kesiapan mencapai kondisi mantp 93%, sedangkan lintas selatan mencapai kondisi mantap 83%.

Lalu di pulau Sumatra, keseluruhan panjang ruas tol yang siap digunakan untuk mudik sepanjang 503 km. Di sana ada 18 tempat istirahat untuk para pemudik.

Lalu, kondisi jalan nasional di Sumatra sudah siap dengan kondisi mantap.

Basuki mengatakan, memang ada yang masih dalam masa perbaikan di kawasan perbatasan Jambi - Palembang karena kegagalan proses lelang.

"Untuk itu, akan langsung dilakukan penanganan darurat agar tidak ada jalan berlubang sambil menunggu proses lelang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper