Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Jadi Kepala Negara Pertama di Dunia yang Disuntik Vaksin Sinovac

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam daftar kepala negara di dunia yang menerima vaksin Covid-19 perdana di negaranya.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapatkan vaksin Covid-19.

Dokter Istana menyuntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada lengan kiri Jokowi pada Rabu 13 Januari 2021, pukul 09.42 WIB.

"Nggak terasa apa-apa sama sekali," katanya usai disuntik.

Langkah yang dilakukan oleh Jokowi ini seolah melanjutkan kebijakan serupa yang dilakukan sejumlah kepala negara di belahan dunia lain. Para kepala negara tersebut, seolah ingin meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses vaksinasi Covid-19, lantaran banyaknya keraguan mengenai efektivitas dan bahkan efek samping dari vaksin tersebut.

Seperti diketahui, Jokowi bukan kepala negara yang pertama kali menerima vaksin Covid-19 di dunia. Terdapat setidaknya lima kepala negara lain yang telah disuntik vaksin Covid-19.

Hanya saja, Jokowi menjadi kepala negara pertama di dunia yang mendapatkan suntikan dari vaksin buatan Sinovac. Pasalnya, kepala negara lain disuntik menggunakan vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

Vaksin buatan Sinovac tersebut baru saja mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada Senin (11/1/2021).

BPOM menyebutkan, efikasi vaksin Sinovac sebesar 65,3 persen. Angka tersebut memenuhi persyaratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu di atas 50 persen.

Adapun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengawali rentetan kepala negara yang disuntik vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. Dia disuntik vaksin pada 19 Desember 2020.

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden pun tak mau ketinggalan untuk mendapatkan suntikan vaksin buatan Pfizer-BioNTech. Dia mendapatkan vaksin hanya selang dua hari dari Benjamin.

Selanjutnya pada bulan ini terdapat Raja Salman dari Arab Saudi, Lee Hsien Loong yang merupakan Perdana Menteri Singapura dan Ratu Elizabeth II dari Inggris yang berturut-turut menjadi penerima perdana vaksin di negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper