Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Palagan Ketua Kadin Indonesia, Ini Profil Arsjad Rasjid & Anindya Novyan Bakrie

Kadin Indonesia menyongsong pelaksanaan pemilihan ketua umum baru yang direncanakan pada akhir Juni 2021.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilihan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021—2026 direncanakan bakal digelar pada akhir Juni 2021 mendatang. 

Dua nama telah mengemuka dalam kontestasi 5 tahunan para pengusaha di Tanah Air dalam Kadin Indonesia itu. Nama yang hendak mengembangkan Kadin Indonesia itu adalah Arsjad Rasjid, bos dari Grup Indika. Nama lain adalah pemimpin konglomerasi Kelompok Bakrie, Anindya Novyan Bakrie.

Para calon Ketua Umum akan membawa Kadin Indonesia di era yang bakal jauh lebih menantang. Dampak pandemi yang menggelayuti perekonomian nasional memerlukan Kadin yang kokoh dan jitu dalam mengusung strategi guna berkontribusi aktif dalam proses pemulihan.

Ketua Komite Tetap Ketenagakerjaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bob Azzam mengatakan dampak pandemi Covid-19 terhadap perusahaan anggota organisasi yang berbeda-beda menjadi indikator kuat yang mengharuskan disusunnya strategi lebih detil.

"Kami akan lebih detil dalam membuat strategi kebijakan ke depan dan tidak bisa hanya membuat satu policy yang bersifat menyeluruh. Policy yang dibuat mesti dilihat case by case. Itu tantangan yang berat ke depannya," ujarnya, Minggu (23/5/2021).

Di sektor ketenagakerjaan, sambungnya, UU Cipta Kerja diharapkan tidak hanya dimanfaatkan dalam menciptakan lapangan kerja melalui relaksasi kemudahan berusaha tetapi juga untuk mengakomodasi adanya transformasi sektor ketenagakerjaan.

Hal tersebut bukan pekerjaan mudah meskipun data BPS mencatat jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2021 mengalami penurunan dibandingkan dengan Agustus tahun lalu sebesar 1,02 juta angkatan kerja dari 9,77 juta menjadi 8,75 juta.

Pasalnya, perbaikan angka tersebut belum sejalan dengan kualitas pekerjaan yang tersedia, di mana sebagian besar pekerja di Indonesia bekerja di sektor informal yang cenderung tidak stabil dan belum menunjukkan belum terjadinya proses transformasi.

Pada periode kepemimpinan berikutnya,  Kadin perlu mendorong UU Ciptaker dapat mengakomodasi peningkatan kemampuan pekerja agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Lalu bagaimanakah rekam jejak Arsjad Rasjid dari Grup Indika dan pemimpin konglomerasi Kelompok Bakrie Anindya Novyan Bakrie yang hendak memimpin Kadin Indonesia? (lihat infografik). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper