BP Batam Siapkan 3 KEK

BP Batam bakal menyiapkan tiga Kawasan Ekonomi Khusus. Salah satu kawasan bakal menghubungkan bandar udara dengan pelabuhan.
Sarman Haratua Siregar | 08 Januari 2019 15:00 WIB
Infodigital / Infografik / Regional / KEK Batam / 8 Januari 2018

Bisnis.com, JAKARTA -- BP Batam menyiapkan tiga Kawasan Ekonomi Khusus yakni, KEK Aero Marine City Hang Nadim, KEK WAter City, dan KEK Rempang City.

Nantinya, KEK Aero Marine City akan mengoneksikan Bandara Hang Nadim dengan Pelabuhan Kabil. Harapanya, koneksi itu bisa menunjang aktivitas industri maintenance repair and overhaul (MRO) terbesar dunia.

Lalu, KEK Water City akan dikembangkan menjadi Central Business District (CBD) dan Offshore Banking. KEK ini bakal dibangun di atas lahan reklamasi seluas 800 hektare.

Kemudian, KEK Rempang City menjadi KEK ketiga yang sedang disiapkan. Rencananya, KEK itu bakal dibangun di atas lahan seluas 7.560 hektare.

Namun, penerapan KEK di Batam sempat mendapat resistensi pengusaha. Pasalnya, Batam telah mendapat fasilitas FTZ selama 80 tahun.

Selain itu, banyak industri Batam yang bercampur dengan pemukiman dan area bisnis sehingga klasterisasi KEK di Batam makin sulit.

BP Batam pun akan berperan sebagai pengusul ketiga proyek KEK tersebut. KEK Aero Marine City yang bakal diusulkan lebih dulu.

Tag : bp batam, kek, kawasan ekonomi khusus
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top