Jalan Tol dan Nasional dari Jawa sampai Sumatra Siap Dilalui Pemudik

Jalan nasional dan tol di Jawa siap dilalui oleh pemudik. Kamu siap mudik?
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  17:31 WIB
Jalan Tol dan Nasional dari Jawa sampai Sumatra Siap Dilalui Pemudik
Persiapan mudik. - Radityo Eko / Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan jalan nasional dan tol siap untuk dilalui oleh pemudik lebaran 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadmuljono mengatakan, arus lalulintas jalan tol dan jalan nasional di Jawa sudah siap untuk dikelola oleh Korlantas Polri.

"Jalan nasional di Jawa dan Sumatra secara keseluruhan kesiapannya sudah di atas 90%. Jalan sudah dikategorikan mantap, artinya jalan dalam kondisi baik dan sedang," ujarnya.

Untuk jalan nasional dari Cikampek hingga Semarang kondisinya sudah lebih baik ketimbang tahun lalu.

Di lintas utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 kilometer dalam kondisi mantap 97%. Begitu juga lintas tengah sepanjang 1.197 km kesiapan mencapai kondisi mantp 93%, sedangkan lintas selatan mencapai kondisi mantap 83%.

Lalu di pulau Sumatra, keseluruhan panjang ruas tol yang siap digunakan untuk mudik sepanjang 503 km. Di sana ada 18 tempat istirahat untuk para pemudik.

Lalu, kondisi jalan nasional di Sumatra sudah siap dengan kondisi mantap.

Basuki mengatakan, memang ada yang masih dalam masa perbaikan di kawasan perbatasan Jambi - Palembang karena kegagalan proses lelang.

"Untuk itu, akan langsung dilakukan penanganan darurat agar tidak ada jalan berlubang sambil menunggu proses lelang," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Tag : Mudik Lebaran
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top