Ini Latar Belakang Pengusaha Asal Indonesia yang Jadi Orang Terkaya di China

Dua pengusaha Indonesia masuk dalam daftar orang asing terkaya di China. Berikut ulasan lengkap sosok kedua pengusaha tersebut.
Oliv Grenisia
Oliv Grenisia - Bisnis.com 16 Oktober 2019  |  15:29 WIB
Ini Latar Belakang Pengusaha Asal Indonesia yang Jadi Orang Terkaya di China
Taipan Indonesia di China. - Ilham Mogu

Bisnis.com, JAKARTA - Dua pengusaha yang lahir di Indonesia termasuk dalam jajaran tiga besar orang asing terkaya di China. Di balik kedua orang itu, ternyata ada konglomerasi besar yang sudah sangat dikenal di Indonesia, yakni Salim Grup dan Sinarmas Grup. 

Hurun mencatat ada 18 individu yang lahir di luar China yang termasuk menjadi orang terkaya di Negeri Panda tersebut.

Orang asing paling kaya di China adalah Ken Chu dan keluarganya yang memiliki perusahaan Mission Hils dengan total kekayaan US$4,3 miliar. Ken Chu lahir di Hong Kong, tetapi kini dia menetap di Shenzhen, China.

Nah, posisi kedua ditempati oleh Tedy Djuhar dan keluarganya yang lahir di Indonesia. Dalam riset itu, perusahaan Tedy Djuhar adalah RongQiao dengan total kekayaan US$3,4 miliar. Nilai kekayaan Tedy Djauhar naik 20% dalam setahun terakhir. Kini, Tedy Djuhar menetap di Fuzhou, China.

RongQiao adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti, real estate, perdagangan, manajemen properti, hotel, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya.

Usut punya usut, Tedy Djuhar ini adalah anak dari Sutanto Djuhar yang merupakan salah satu pendiri Salim Grup.

Saat ini, Tedy Djuhar pun masih menjabat sebagai Direktur noneksekutif di First Pacific Company Ltd., Hong Kong. First Pacific Company adalah induk usaha dari First Pacific Investment Management Ltd yang merupakan pemegang saham terbesar di PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

First Pacific Investment Management Ltd. tercatat memiliki 50,07% saham emiten berkode INDF. Di sisi lain, First Pacific Company memang punya hubungan kuat dengan Salim Grup, termasuk INDF.

Anthoni Salim tercatat sebagai pemegang saham mayoritas First Pacific Company sebesar 44,32%. Lalu, Tedy Djuhar dan keluarganya memiliki saham First Pacific Company sekitar 16,16%. Kepemilikan itu terdiri dari Sutanto Djuhar sebanyak 12,12% dan Tedy Djuhar sebanyak 4,04%.

Sosok ketiga yang menjadi orang asing terkaya di China adalah Elijah Widjaja. Dia tercatat memiliki perusahaan bernama Bund Center di Shanghai. Kekayaan Elijah mencatatkan kenaikan sebesar 3% dalam setahun terakhir menjadi senilai US$2,7 miliar.

Jika ditilik lebih lanjut, Elijah Widjaja memiliki nama lengkap Elijah Frankle Widjaja (Djafar) yang merupakan salah satu anak dari Eka Tjipta Widjaja, pemilik Sinarmas Grup.

Saat ini, Elijah tercatat sebagai Chairman dan CEO Bund Center Investment Ltd. dan Shanghai Golden Bund Real Estate Co. Ltd. Bund Center Investment adalah perusahaan yang bergerak di bidang real estate yang dimiliki oleh Flambo Bund Center Ltd. Flambo Bund Center sendiri dimiliki oleh keluarga Widjaja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
orang terkaya, tokoh

Tag : orang terkaya, tokoh
Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top