Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tangkal Hoaks Covid-19 dari Orang Terdekat

Pandemi Covid-19 telah melahirkan jutaan konten disinformasi atau hoaks terkait dengan informasi mengenai virus Corona di seluruh dunia.
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com 13 November 2020  |  19:06 WIB
Infografik tangkal hoaks soal covid-19 - Petricia Cahya Pratiwi

Bisnis.com, JAKARTA — Di Indonesia saja, hingga pertengahan oktober, tercatat ada sekitar sebaran 2.020 hoaks di berbagai platform digital. Dari jumlah tersebut, 1.197 diantaranya adalah hoaks yang terkait dengan Covid-19.

Secara rinci, sebaran hoaks di Instagram 20 hoaks, YouTube 21 hoaks, Twitter 482 hoaks dan Facebook berjumlah 1.497 hoaks. Dia menyebut bahwa 1.759 hoaks diantaranya berhasil diblokir.

"Yang sudah di-take down atau diblokir sebanyak 1.759. Facebook 1.300, Instagram ada 15, Twitter 424, Youtube 20 tersisa," kata Johnny beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana cara menangkalnya? World Health Organization pernah membagikan tujuh cara untuk mengetahui konten hoaks dan cara untuk menghentikan penyebarannya, yaitu yang pertama kenali sumbernya, kedua baca seluruh informasinya, dan ketiga identifikasi penulisnya.

Selanjutnya atau keempat yaitu cek tanggal dan data yang digunakan, kelima cek fakta pendukung yang disajikan, keenam bandingkan dengan pengetahuan yang anda miliki, dan ketujuh atau terakhir cek informasi ke fact-checkers.

Nah  lalu bagaimana kalau ada anggota keluarga yang tak sadar ikut menyebarkan hoaks? Sama seperti virus Covid-19, penyebaran hoaks terkait Covid-19 ternyata juga tak kalah kencang, salah satunya dari sesama anggota keluarga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook instagram hoax Covid-19
Editor : Gajah Kusumo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.



Berita Terkini Lainnya

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top