Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangkal Hoaks Covid-19 dari Orang Terdekat

Pandemi Covid-19 telah melahirkan jutaan konten disinformasi atau hoaks terkait dengan informasi mengenai virus Corona di seluruh dunia.

Bisnis.com, JAKARTA — Di Indonesia saja, hingga pertengahan oktober, tercatat ada sekitar sebaran 2.020 hoaks di berbagai platform digital. Dari jumlah tersebut, 1.197 diantaranya adalah hoaks yang terkait dengan Covid-19.

Secara rinci, sebaran hoaks di Instagram 20 hoaks, YouTube 21 hoaks, Twitter 482 hoaks dan Facebook berjumlah 1.497 hoaks. Dia menyebut bahwa 1.759 hoaks diantaranya berhasil diblokir.

"Yang sudah di-take down atau diblokir sebanyak 1.759. Facebook 1.300, Instagram ada 15, Twitter 424, Youtube 20 tersisa," kata Johnny beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana cara menangkalnya? World Health Organization pernah membagikan tujuh cara untuk mengetahui konten hoaks dan cara untuk menghentikan penyebarannya, yaitu yang pertama kenali sumbernya, kedua baca seluruh informasinya, dan ketiga identifikasi penulisnya.

Selanjutnya atau keempat yaitu cek tanggal dan data yang digunakan, kelima cek fakta pendukung yang disajikan, keenam bandingkan dengan pengetahuan yang anda miliki, dan ketujuh atau terakhir cek informasi ke fact-checkers.

Nah  lalu bagaimana kalau ada anggota keluarga yang tak sadar ikut menyebarkan hoaks? Sama seperti virus Covid-19, penyebaran hoaks terkait Covid-19 ternyata juga tak kalah kencang, salah satunya dari sesama anggota keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper