Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turis Mancanegara Kembali Jelajahi Indonesia, Bali jadi Destinasi Utama

Wisatawan atau turis mancanegara kembali berbondong-bondong berpelesir di Indonesia, dengan kedatangan terbanyak di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Bisnis.com, JAKARTA — Penyebaran Covid-19 yang kian terkendali dan pencabutan status pandemi membuat wisatawan mancanegara kembali berpelesir ke Indonesia, menjadi sinyal pulihnya sektor pariwisata nasional. Destinasi wisata utama masih menjadi primadona bagi para turis asing.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada semester I/2023 mencapai 5,19 juta kunjungan. Jumlah itu melesat 250,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Bahkan, jumlah kunjungan [wisatawan mancanegara] pada semester I/2023 ini sudah setara 88,12 persen dari total kunjungan wisman sepanjang tahun 2022," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini, pekan lalu.

BPS juga mencatat bahwa turis mancanegara paling banyak datang ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai, Kuta, Bali. Sepanjang semester I/2023, terdapat 2,34 juta wisatawan mancanegara yang mendarat di Bali, tumbuh 531 persen secara tahunan (year-on-year/YoY).

Kedatangan wisatawan mancanegara di kota-kota lainnya juga mencatatkan pertumbuhan signifikan, menandakan pulihnya pariwisata Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper