Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv logo xplore

Turis Mancanegara Kembali Jelajahi Indonesia, Bali jadi Destinasi Utama

Wisatawan atau turis mancanegara kembali berbondong-bondong berpelesir di Indonesia, dengan kedatangan terbanyak di Bandara Ngurah Rai, Bali.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 08 Agustus 2023  |  16:30 WIB
Wisatawan mancanegara kembali berdatangan ke Indonesia, dengan kedatangan terbanyak per semester I/2023 di Bandara Ngurah Rai, Kuta, Bali. - Bisnis - Muhammad Afandi

Bisnis.com, JAKARTA — Penyebaran Covid-19 yang kian terkendali dan pencabutan status pandemi membuat wisatawan mancanegara kembali berpelesir ke Indonesia, menjadi sinyal pulihnya sektor pariwisata nasional. Destinasi wisata utama masih menjadi primadona bagi para turis asing.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada semester I/2023 mencapai 5,19 juta kunjungan. Jumlah itu melesat 250,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Bahkan, jumlah kunjungan [wisatawan mancanegara] pada semester I/2023 ini sudah setara 88,12 persen dari total kunjungan wisman sepanjang tahun 2022," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini, pekan lalu.

BPS juga mencatat bahwa turis mancanegara paling banyak datang ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai, Kuta, Bali. Sepanjang semester I/2023, terdapat 2,34 juta wisatawan mancanegara yang mendarat di Bali, tumbuh 531 persen secara tahunan (year-on-year/YoY).

Kedatangan wisatawan mancanegara di kota-kota lainnya juga mencatatkan pertumbuhan signifikan, menandakan pulihnya pariwisata Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata wisata destinasi wisata wisatawan turis penerbangan bandara
Editor : Wibi Pangestu Pratama


Berita Terkini Lainnya

Banner E-paper
back to top To top