Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

William Tanuwijaya, Jalan Panjang Tokopedia Menjadi Unicorn

Tokopedia baru mendapatkan dana segar US$1,1 miliar dari konsorsium Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Apakah dengan dana itu, Tokopedia bisa ekspansi dan menuju decacorn?

Bisnis.com, JAKARTA -- Tokopedia disebut dapat dana segar US$1,1 miliar dari konsorsium yang dipimpin Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Dana segar itu bakal digunakan untuk memenuhi ambisi sebagai penyedia infrastruktur teknologi bagi bisnis luring dan daring.

Pendanaan baru itu semakin mengukuhkan posisi Tokopedia sebagai Unicorn Indonesia atau startup dengan valuasi US$1 miliar.

Adapun, dana segar itu disebut mendongkrak valuasi Tokopedia menjadi US$7 miliar. Nilai itu sudah lebih tinggi dari valuasi terakhir Gojek senilai US$5 miliar.

Di sisi lain, kisah William membangun Tokopedia hingga saat ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.

William yang merupakan lulusan S1 Universitas Bina Nusantara itu mengajak rekannya, Leontinus Alpha Edison, untuk mendirikan Tokopedia. Tujuannya, menjadi tempat jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli Indonesia secara cuma-cuma.

Namun, mereka berdua butuh modal untuk membangun perusahaan rintisan tersebut. Inspirasi dari perusahaan internet dunia, William pun coba mencari investor.

William pun bertemu dengan Victor Fungkong. Pemilik saham tunggal Indonusa Dwitama itu menjadi investor pertama Tokopedia.

Bersama Fungkong, William dan Leontinus bisa terus mengembangkan Tokopedia hingga menarik perhatian investor lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper