Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fenomena Tahun Baru, Ketika Y2K Menggegerkan Dunia

Fenomena Year 2 Kilo atau Y2K sempat menghebohkan dunia. Bahkan, masalah yang menimpa sistem komputer dunia itu disebut membuat kerugian hingga miliaran dolar AS.
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 02 Januari 2019  |  16:21 WIB
Y2K menjadi fenomena yang menggegerkan dunia. Pasalnya, gangguan sistem komputer di dunia itu mengganggu aktivitas dari perbankan sampai pembangkit listrik tenaga nuklir. -  Ilham Mogu

Bisnis.com, JAKARTA – Ingat kejadian Y2K atau yang kerap disebut millenium bug ketika pergantian tahun dari 1999 menjadi 2000. Momen itu disebut salah satu yang sempat membuat kekacauan di seluruh dunia loh.

Year 2 kilo (Y2K) adalah ketika terjadi kesalahan perhitungan tanggal pada sistem komputer. Soalnya, komputer yang dibuat sejak 1960-an hanya mencatat tahun dalam jumlah dua digit.

Ketika tahun berubah dari 1999 menjadi 2000, angka yang terekam adalah 00 yang dibaca komputer adalah 1900. Kala itu, komputer yang dibuat sejak 1960-an hanya mencatat dua digit untuk tahun demi menghemat media penyimpanan.

Walaupun terlihat sederhana, tetapi kesalahan perhitungan tanggal itu membuat kekacauan hebat kala itu. Apalagi, lembaga atau perusahaan yang operasionalnya sangat bertumpu pada sistem komputer.

Saat itu, sistem komputer sudah dimanfaatkan pada beberapa fasilitas penting seperti, perbankan sampai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Salah satu contoh bencana Y2K adalah transaksi kartu kredit yang ditolak karena komputer membaca masa kadaluarsanya pada 1900 bukan 2000.

Selain itu, banyak dampak kejadian Y2K lainnya yang Bisnis rangkum berikut ini :

1. Amerika Serikat

Gara-gara kejadian Y2K, satelit mata-mata Amerika Serikat (AS) disebut gagal akses selama 2 hari berturut-turut. Sistem kendali di darat tidak mampu proses informasi yang terekam di satelit.

Peristiwa itu terjadi pada malam pergantian tahun berdasarkan waktu Greenwich Mean Time (GMT).

2. Prancis

Berbeda dengan AS, Prancis mengalami masalah pada sistem peta cuacanya akibat pergantian tahun dari 1999 menjadi 2000. Kejadian itu membuat tahun peta cuaca di Paris berubah menjadi 19100 ketika pergantian tahun dari 1999 ke 2000.

3. Australia

Lalu, Australia mengalami masalah pada sistem transportasinya akibat masalah Y2K tersebut. Jadi, mesin tiket pada beberapa halte bus di Sydney, Australia, mengalami masalah. Para pengguna transportasi umum itu pun menjadi korban millenium bug tersebut.

4. Jepang

Dampak masalah Y2K di Jepang lebih mengerikan. Millenium bug itu membuat sistem komputer yang terhubung dengan alat monitor radiasi pada 2 PLTN mengalami masalah.

Untungnya, masalah pada alat monitor radiasi PLTN itu tidak terlalu serius dan bisa segera diatasi.

5. Indonesia

Nah, dampak Y2K di Indonesia sempat menganggu sistem display Bank Indonesia (BI). Gara-gara masalah Y2K itu sistem display BI mengalami kesalahan membaca tahun.

Jadi, ketika melewati pukul 00:00 WIB atau saat pergantian tahun dari 1999 ke 2000, sistem komputer membacanya 1900.

Secara keseluruhan, jumlah kerugian di seluruh dunia akibat Y2K itu ditaksir senilai US$300 miliar atau setara US$438 miliar jika dilihat perkembangan inflasi sampai Januari 2018.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru teknologi Tahun Baru 2019
Editor : Surya Rianto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.



Berita Terkini Lainnya

Banner E-paper
back to top To top