Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siaga Hadapi Bencana Gempa dan Tsunami

BMKG merilis informasi itu sebagai model skenario terburuk untuk merancang mitigasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Informasi potensi gempa dengan magnitudo 8,7 dan tsunami setinggi 29 meter di Selatan Jawa masih beredar dengan cepat di jagat maya beberapa waktu terakhir.

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengimbau masyarakat tidak panik atas informasi model skenario terburuk dengan potensi gempa di Selatan Jawa Timur (Jatim) yang bisa mencapai 8,7 magnitudo dan menimbulkan Tsunami.

Lewat akun Twitter resminya, Jumat (4/6/2021) pukul 05.48 WIB, Daryono memberikan penjelasan terkait info tsunami Jatim yang disebutnya menyebabkan kegaduhan. Dia menegaskan bahwa BMKG merilis informasi itu sebagai model skenario terburuk untuk merancang mitigasi.

Dia mengingatkan bahwa hal itu bukan prediksi dengan waktu presisi terjadinya gempa. Model skenario terburuk yang dirilis BMKG itu seharusnya direspons dengan mitigasi, bukan kepanikan.

"Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masy tdk perlu panik krn model skenario trburuk itu dibuat utk merancang mitigasi. Kpn tjdnya jg tdk ada yg tahu," tulisnya di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper