Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Depok 1: Kaesang Teguhkan Dinasti Politik Jokowi?

Pengumuman Kaesang Pangarep yang menyatakan ingin menjadi Depok pertama memunculkan spekulasi publik soal dinasti politik Presiden Joko Widodo.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengumuman Kaesang Pangarep yang ingin menjadi Depok pertama menimbulkan spekulasi publik bahwa dia akan maju di Pemlihan Wali Kota Depok tahun ini. Langkah itu pun membuat publik menyoroti dinasti politik Presiden Joko Widodo.

Membuka pengumumannya, anak ketiga Jokowi itu menyatakan sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga. Kaesang tidak berpanjang lebar dan hanya menyatakan bahwa ingin menjadi Depok 1.

"Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," ujar Kaesang, dikutip pada Selasa (13/6/2023).

Apabila pengumuman itu memang merujuk kepada rencananya untuk maju di Pilwakot Depok, maka menambah daftar keluarga Jokowi yang terjun ke dunia politik.

Sang kakak, Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota Solo sejak 23 Januari 2023. Menantu Jokowi, Bobby Nasution lebih dahulu menjabat sebagai Wali Kota Medan sejak 26 Februari 2021.

Selain itu, adik ipar Jokowi juga menduduki posisi strategis, Anwar Usman menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) 2023—2028. Anwar menikahi adik Jokowi, Idayati pada 26 Mei 2022, sepuluh bulan sebelum dia kembali terpilih sebagai Ketua MK atau periode kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper