Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Titah Jokowi & Target Kapasitas Pembangkit EBT 2023

Negara di berbagai belahan dunia tidak terkecuali Indonesia berpacu dengan waktu untuk melakukan transisi energi sebagai bagian mitigasi perubahan iklim.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa penguatan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim oleh semua pihak menjadi upaya jangka panjang dalam peningkatan kualitas udara.

Kualitas udara yang sangat buruk di wilayah Jabodetabek menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi. Kepala negara menyebut kualitas udara (air quality index/AQI) di DKI Jakarta berada di angka 156 dengan keterangan tidak sehat pada Sabtu (12/8/2023).

Presiden telah memanggil  jajaran menteri kabinet Indonesia Maju dan Pemerintah Daerah untuk melakukan Rapat Terbatas (Ratas) terkait Peningkatan Kualitas Udara Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada Senin (14/8/2023). Selain upaya jangka pendek dan menengah, Jokowi turut menekankan strategi jangka panjang dengan memperkuat aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Harus dilakukan pengawasan kepada sektor industri dan pembangkit listrik terutama di sekitar Jabodetabek dan terakhir terus mengedukasi publik yang seluas-luasnya,” ujarnya Senin (14/8/2023).

Dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan (PLT EBT) sebagai bagian dari transisi energi, pemerintah melalui Kementerian ESDM memiliki sederet target yang dibidik pada 2023. 

Pemerintah memproyeksikan kapasitas PLT EBT mencapai 12.925 MW pada 2023. Jumlah ini memiliki rincian PLT Bayu 154,3 MW, PLT Surya 432,6 MW, PLT Bioenergi 3.144,8 MW, PLT Panas Bumi 2.368,4 MW, dan PLT Air 6.852,2 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper