Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rasa Kopi yang Tak Sama Lagi Akibat Krisis Iklim

Harga kopi robusta terus melonjak seiring permintaan yang meningkat, tetapi tidak mampu diimbangi produksi yang terdampak krisis iklim.

Bisnis.com, JAKARTA — Harga kopi robusta terus memuncak, mencapai rekor tertingginya seiring permintaan yang terus meningkat. Pasokan kopi tersendat karena produktivitas lahan yang turun akibat kekeringan dan pemanasan global, sebagai dampak krisis iklim.

Harga kopi robusta memecahkan rekornya pada pekan lalu, Rabu (27/3/2024) yang mencapai US$3.559 per ton. Adapun, pada Rabu (3/4/2024) pekan ini harga robusta bergerak di kisaran US$3.541 per ton.

Terus naiknya harga robusta disebabkan oleh pasokan dari kebun yang terus merosot. Bahkan, World Coffee Research memproyeksikan bahwa dunia akan kekurangan kopi robusta hingga 35 juta kantong pada 2040—setiap kantongnya berisi 60 kilogram biji kopi.

Krisis iklim menjadi ancaman nyata bagi industri kopi, karena suhu permukaan bumi yang semakin memanas terus mengurangi luas lahan yang cocok untuk ditanami kopi dengan ideal. Kopi memang bisa tetap tumbuh, tetapi kualitasnya bisa menurun, apalagi jika lingkungan sekitar lahan itu kering.

Hasil riset Roman Grüter dkk. (2022) menunjukkan bahwa tanaman komersial tropis seperti kopi arabika, alpukat, dan jambu mete menjadi yang paling rentan terhadap krisis iklim, karena semakin berkurangnya wilayah yang cocok untuk produksi tanaman itu secara global.

CEO World Coffee Research Jennifer Vern Long menjelaskan bahwa kopi robusta memang lebih toleran terhadap panas, penyakit, dan beberapa hama. Namun demikian, bukan berarti kopi robusta dapat menjadi solusi dari ancaman berkurangnya produksi kopi dan penurunan kualitas arabika.

"Robusta bukanlah obat mujarab bagi krisis iklim," ujar Long, dilansir dari Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper