Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emas Olimpiade Paris 2024, Kado Veddriq Leonardo Jelang HUT RI

Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing speed putra, akhirnya mewujudkan harapan kontingen Indonesia untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024
Andhika Anggoro Wening,Mia Chitra Dinisari
Jumat, 9 Agustus 2024 | 08:00

Bisnis.com, JAKARTA — Veddriq Leonardo menjadi atlet Indonesia pertama yang menyumbangkan medali emas di Olimpiade Paris 2024 dalam nomor panjat tebing speed putra.

Veddriq Leonardo mengalahkan atlet asal China dengan perbedaan waktu yang sangat tipis. Veddriq Leonardo mencatatkan waktu 4.75 detik, menang tipis atas atlet China yang mencatatkan waktu 4.77 detik.

Dilansir dari federasi panjat tebing Indonesia (FPTI), Veddriq Leonardo berhasil lolos ke perempat final Panjat Tebing Speed Putra Olimpiade Paris 2024 setelah sempat menyamai rekor dunia milik Samuel Watson asal USA yang dia pecahkan di IFSC Sport Climbing World Cup Wujiang 2024 dan Rekor Olimpiade (WR Olympic) dengan waktu 4,79 detik pada babak seeding heats meski tidak bertahan lama.

Beragam Rekor Panjat Tebing Veddriq Leonardo

Veddriq merupakan tumpuan dari olahraga panjat tebing nasional. Dia tercatat menggenggam beragam rekor.

Veddriq berhasil finish di urutan pertama setelah berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan waktu 5,01 detik unggul beberapa saat dari pesaingnya Long Jin Bau dari China yang mencatatkan waktu 5,12 detik di kejuaraan dunia panjat tebing IFSC Climbing World Cup 2023 di Seoul.

Dia juga keluar sebagai pemenang dalam event The Belt and Road International Plateau Climbing Master Tournament 2019 di Qinghai, China, 14-15 Juli 2019. Gelar itu ia sabet dari nomor men speed world record.

Veddriq juga pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia seri Moscow, Russia, Mei 2018.

Rekor lainnya dia torehkan di ajang IFSC Climbing World Cup, Salt Lake City (USA) 2021. 

Di partai final, Veddriq yang melawan rekan senegara Kiromal Katibin mampu mencatatkan waktu 5,208 detik. Catatan waktu ini sekaligus menjadi rekor baru setelah sebelumnya dipecahkan oleh Kiromal Katibin di babak kualifikasi dengan 5,258 detik. Terpaut 0,050 detik.

Perjalanan Veddriq Leonardo Menjadi Atlet Andalan Indonesia

Veddriq Leonardo adalah seorang atlet panjat cepat asal Indonesia yang lahir di Pontianak 11 Maret 1997. 

Peraih medali perunggu World Cup di Moskwa, Rusia itu pertama kali mengenal olahraga panjat tebing ketika duduk di kelas satu SMA. Saat itu, ia dikenalkan kepada panjat tebing oleh kelompok pencinta alam. “Saat itu saya dikenalkan oleh pembina saya.” katanya dilansir dari laman FPTI

Veddriq melihat olahraga ini sebagai olahraga yang keren. Panjat tebing dinilai sangat menantang dan belum semua orang tahu. Hal itu semakin membuat minatnya tumbuh besar untuk mendalami olahraga yang mengantarkannya menjadi punggawa pembela NKRI di Asian Games.

Latihan rutin pun dia lakukan untuk menempa kemampuannya. Pada 2014, dia pertama kali mengikuti event kejuaraan nasional di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Saat itu dia baru mampu masuk delapan besar untuk nomor speed world record dalam Kejurnas Junior itu.

Baru pada 2016, dia berhasil menyabet medali pertamanya dalam kejuaraan nasional junior di Bangka Belitung. “Saya dapat perunggu untuk speed perorangan putra.”

Tak hanya event nasional, Veddriq juga berlaga di event internasional. Event pertamanya adalah World cup di Moskow, Rusia pada 2018. Dia turun di nomor speed world record dan menyabet medali perunggu.

“Itu jadi event paling berkesan bagi saya. Karena pertama kali ikut kejuaraan internasional, pertama kali pula dapat medali untuk kejuaraan berskala internasional.”

Sebelum masuk ke pelatnas Asian Games, Veddriq sempat memiliki angan-angan untuk bergabung. Namun, keinginannya itu sempat surut karena kuota atlet sudah terpenuhi dan pelatnas diisi oleh atlet-atlet yang notabene adalah pemanjat top Indonesia.

“Pertama kali dihubungi, saya senang sekali. Awalnya saya jadi sparing partner, lalu bisa bergabung menjadi tim.”


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper