Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Menggoda Konsumen Beli Mobil Murah

Produsen harus memutar otak agar konsumen beli mobil murah. Pasalnya, kinerja penjualan mobil murah mengalami perlambatan, sedangkan perusahaan pembiayaan tengah selektif demi menjaga kualitas pinjaman.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kendaraan hemat energi dan harga terjangkau membutuhkan penyegaran model agar penjualan bisa kembali bergairah.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang tahun ini pasar kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) lesu.

Pengiriman pabrikan ke dealer turun 1,75% menjadi 230.444 unit. Penjualan ritel turun lebih parah sebesar 7% menjadi 225.480 unit.

Adapun, kebijakan uang muka 0% untuk kredit kendaraan bermotor diprediksi sulit mendongkrak penjualan segmen tersebut.

penjualan KBH2 sempat meningkat pada 2017 karena menyasar layanan taksi daring, sedangkan pada 2018 segmen ini sedikit melambat.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, kehadiran insentif kemudahan uang muka (down payment) hingga 0%, akan memberikan dampak positif terhadap pasar segmen mobil murah. Namun, pelaksanaan uang muka 0% tetap harus mampu meminimalkan risiko pembiayaan sehingga pasar otomotif tetap dapat bertumbuh.

“Kami perkirakan stabil tahun ini. Penurunan market 2018 itu karena mature-nya pasar online taxi yang paling banyak didukung oleh KBH2,” ujarnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK No 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pembiayaan. Ketetapan itu mengatur kemudahan uang muka mulai dari 0% bagi pembelian kendaraan roda dua hingga roda empat.

Namun, kemudahan uang muka bukan suatu yang baru karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah mengeluarkan surat edaran yang mengatur kemudahan uang muka.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Finance (TAF) Agus Prayitno Wirawan mengatakan,  pembiayaan otomotif TAF khususnya untuk KHB2 dan low multi purpose vehicle (LMPV) mengalami peningkatan nonperforming financing (NPF). Perseroan tahun ini sedikit mengerem pertumbuhan untuk membenahi kualitas pembiayaan.

“Perusahaan pembiayaan tetap akan sangat selektif guna meminimalkan risiko pembiayaan,” ujarnya.

Agus menjelaskan, salah satu pembiayaan yang juga ditahan ialah pembiayaan kendaraan yang dijadikan transportasi daring. Pasalnya, sejauh ini banyak debitur yang gagal membayar cicilan karena bisnis transportasi daring tidak menentu.

“Kami sangat selektif. Pengalaman kami, banyak yang tidak kuat karena mereka bukan driver yang mencoba menjadi driver,” tambahnya.

Model Baru Picu Konsumen Beli Mobil Murah

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan, pasar mobil KHB2 yang diperkenalkan pada 2013 telah menjelma menjadi salah satu penyumbang volume penjualan terbesar kepada produsen otomotif. Dengan pangsa KHB2 yang telah berada pada kisaran 20%, penurunan penjualan masih bisa diatasi oleh para produsen.

"Pangsanya sudah pada kisaran 250.000 unit, hanya lima produsen, saya kira mereka masih senang. Angka penjualan ini akan meningkat selaras dengan penjualan nasional yang meningkat," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (23/1/2018).

Gaikindo mencatat, penjualan KBH2 terus mengalami peningkatan sejak pertama program tersebut dirilis 2013. Program yang mendapatkan keringanan pajak itu menjadi salah satu cara untuk memudahkan konsumen memperoleh kendaraan sekaligus meningkatkan kandungan lokal.

Kehadiran model baru seperti yang dilakukan Honda pada tahun lalu, mampu merangsang pasar dan mengangkat penjualan Brio Satya. Selain Brio, produk KBH2 besutan Daihatsu, Sigra yang mengusung kapasitas 7 penumpang juga mengalami peningkatan penjualan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper