Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink Tawarkan Fasilitas Wi-Fi di Pesawat Gratis, Lion Air dan AirAsia Menyusul?

Honeywell mengungkapkan sedang penjajakan dengan AirAsia dan Lion Air Grup terkait teknologi Wi-Fi gratis di pesawat. Apakah kedua maskapai layanan minimum itu akan memberikan layanan internet gratis?

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Honeywell Indonesia tengah menjajaki pembicaraan dengan AirAsia Indonesia dan Lion Air Group untuk pemasangan teknologi Wi-Fi di pesawat. Jika penjajakan lancar, konsumen kedua maskapai itu bisa menikmati Wi-Fi gratis di pesawat komersial.

Garuda Indonesia Group menjadi maskapai pelopor yang mengaplikasikan teknologi Wi-Fi gratis di pesawat melalui anak usahanya Citilink Indonesia.

Honeywell selaku penyedia teknologi memasang Jetwave yang menawarkan internet cepat via satelit di pesawat Citilink.

Tren pemasangan Wi-Fi di pesawat sudah mulai dilakukan sejak 5 tahun lalu untuk jet pribadi. Kini, beberapa maskapai komersial sudah memasang teknologi yang sama.

Presiden Direktur Honeywell Indonesia Roy Kosasih mengatakan, penjajakan dilakukan sebagai bagian penawaran kepada seluruh maskapai nasional untuk menggunakan teknologi dasar Wi-FI yang dikembangkan perseroan.

Penjajakan itu juga dilakukan secara tidak langsung karena melalui pihak pendana yaitu, Mahata Aero Teknologi.

"Sekarang, kami masih menjajaki Wi-Fi dipasang di Lion Air dan AirAsia," ujarnya pada Selasa (26/2).

Namun, kedua maskapai belum mau menanggapi secara terbuka terkait penjajakan teknologi Wi-Fi gratis di pesawat dengan Honeywell.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tidak mau menanggapi secara langsung.

"Terkait dengan itu, kami akan infokan jika ada perkembangan lebih lanjut," ujarnya.

Head of Communication AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono menuturkan, pihaknya akan mengecek terlebih dulu informasi itu ke Grup AirAsia.

Sementara itu, Vice President Corporation Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, perseroan memang bekerja sama dengan Mahata untuk menghadirkan teknologi Jetwave.

Saat ini, pesawat Citilink sudah mulai dipasang fasilitas Wi-Fi gratis yang akan dilaksanakan secara bertahap sejak awal 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Surya Rianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Infografik Lainnya

Berita Terkini Lainnya

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper