Frozen 2 dan Deretan Film Animasi dengan Pendapatan Terbesar

Frozen 2 dirilis dan langsung memecahkan beberapa rekor pada sepekan tayang perdananya. Kira-kira, Frozen 2 bakal bisa masuk jajaran film animasi dengan pendapatan terbesar enggak ya?
Oliv Grenisia
Oliv Grenisia - Bisnis.com 02 Desember 2019  |  14:18 WIB
Frozen 2 dan Deretan Film Animasi dengan Pendapatan Terbesar
5 Film Animasi dengan pendapatan terbesar. - Ilham Mogu

Bisnis.com, JAKARTA - Frozen 2 baru saja dirilis pekan lalu, namun sejumlah rekor sudah diraih. Mampukah sekuel Frozen ini masuk dalam jajaran film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa?

Frozen 2 mencatatkan kinerja bagus sejak pekan pertama penayangan. Film produksi Walt Disney ini menjadi film animasi dengan pendapatan pekan pertama terbesar, senilai US$350,2 juta. Adapun rincian nilai tersebut berasal dari pendapatan domestik Amerika Utara sebesar US$127 juta dan pasar internasional dengan US$223,2 juta.

Film ini  sudah diluncurkan di 37 negara pada pekan lalu. Ada beberapa negara yang berkontribusi cukup besar, seperti China dengan US$53 juta, Korea Selatan sebesar US$31 juta, dan Jepang sebesar US$18,2 juta.

Bukan hanya itu, Frozen 2 mampu meraih predikat sebagai film animasi pertama yang menembus pendapatan US$100 juta yang rilis di luar libur musim panas.

Untuk target pendapatan film karya sutradara Chris Buck dan Jennifer Lee ini, Disney berharap dapat meraup omzet di atas US$1 miliar. Sebelumnya, film Frozen pertama mampu meraup pundi-pundi cuan senilai US$1,27 miliar.

Jika ingin menjadi film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, tampaknya Frozen harus menaikkan targetnya menjadi di atas US$1,6 miliar.

Memang film animasi apa saja yang mencatatkan diri sebagai paling cuan di dunia?

1. The Lion King

The Lion King

Film The Lion King versi live-action ini meraih pendapatan US$1,65 miliar dari pasar domestik maupun internasional.

Nilai itu tak hanya membawa The Lion King berada dipuncak daftar film animasi dengan pendapatan tertinggi, tetapi juga masuk ke dalam deretan film semua genre dengan pendapatan terbesar dengan menancapkan posisi pada urutan ketujuh.

Film yang dirilis pada Juli tahun ini hanya kalah dari Avengers: Endgame untuk film yang tayang pada 2019, di mana film hero itu berhasil mengumpulkan hampir US$3 miliar.

Alur kisah dalam film arahan Jon Favreau ini sebenarnya tidak jauh beda dibanding dengan film animasi pertamanya, akan tetapi mengapa Disney dapat memperoleh pendapatan fantastis? Disney menyasar bukan penonton anak-anak saja, tetapi orang dewasa yang dulunya pernah menonton kisah Simba dan Nala, mereka pun akan bernostalgia dengan menonton film ini.

Ada fakta yang cukup ramai dibahas mengenai film ini, salah satunya sang diva Beyonce  yang turut andil. Penyanyi dan penulis lagu itu menjadi pengisi suara untuk singa betina, Nala. Ia juga mengisi soundtrack film ini dengan lagu Can You Feel The Love Tonight bersama Donald Glover.

2. Frozen

 Frozen

Sebelum The Lion King hadir, Frozen lah yang memuncaki penjualan tiket terbesar sepanjang sejarah selama 6 tahun sejak dirilis pada 2013 silam. Total pendapatan Frozen mencapai US$1,27 miliar dan membawa Frozen sebagai film dengan pendapatan tertinggi pada tahun itu berdasarkan data Box Office Mojo.

Fenomena pasca penayangan Frozen tak main-main, dilansir dari Fortune, penjualan ritel Amerika Serikat naik 4% menjadi US$18,08 miliar pada 2014 didukung oleh banyaknya permintaan merchandise dari Frozen.

Data dari perusahaan riset NPD Group juga memperkirakan Frozen menghasilkan US$531 juta dalam penjualan mainan pada 2014.

Namun, dibalik pendapatan yang berlimpah, ternyata pengisi suara Elsa saat muda yaitu  Spencer Lacey Ganus hanya dibayar US$926.

3. Incredibles 2

The Incredibles

Film ini menjadi sekuel produksi Pixar Animation dengan rentang waktu peluncuran terlama diantara film lainnya, yaitu 14 tahun. Incredibles 2 di produksi Pixar dan didistribusikan oleh Walt Disney.

Pendapatannya sedikit di bawah Frozen yakni US$1,24 miliar. Pada film ini, Disney tidak mengungkapkan biaya produksi yang dihabiskan. Akan tetapi, Box Offcie Mojo mengungkapkan film yang serupa bisa membutuhkan biaya sebesar US$200 juta, belum termasuk biaya promosi atau pemasaran.

Rilis pada 2018, Incredibles 2 mampu masuk ke dalam deretan film terlaris pada tahun itu, berada di bawah Avengers: Infinity War, Black Panther, dan Jurassic World.

4. Minions

Minions

Diproduksi Illumination Entertainment dan didistribusikan oleh Universal, Minions bertengger diurutan keempat film dengan penghasilan terbesar selama ini.

Total pendapatan US$1,15 miliar dengan biaya produksi hanya US$74 juta. Nilai produksi tersebut termasuk yang terkecil jika dibandingkan dengan  3 film animasi di atas.

Nah, fakta menarik Minions bahwa sutradaranya Pierre Coffin memiliki darah Indonesia. Ibunya merupakan sastrawan bernama NH Dini. Ia juga menjadi pengisi seluruh suara minions yang berjumlah 899 minions.

Ada satu hal yang tidak banyak disadari para penikmat film Minions kala itu, bahwa tidak ada karakter minions wanita yang diciptakan Coffin.

“Melihat betapa bodohnya apa yang mereka lakukan, saya tidak dapat membayangkan karakter minions perempuan,” ujar Coffin seperti dikutip dari Time.

5. Toy Story 4

Toy Story

Dibuat dengan biaya produksi berkisar antara US$190 juta hingga US$200 juta, Toy Story 4 berhasil mengungguli film Toy Story sebelumnya dengan total pendapatan sebesar US$1,07 miliar di seluruh dunia.

Hal menarik dari debut penyutradaraan layar lebar dari Josh Cooley ini yakni suara Mr.Potato Head yang masih tetap sama, meski pengisi suaranya  komedian Don Rickles telah meninggal.

Tim produksi tetap menghadirkan suara Mr.Potato Head dengan cara merekonstruksi arsip film-film sebelumnya.

Nah, dari semua film di atas, menurut kamu mana yang paling seru nih?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Tag : Film
Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top