Menengok 'Isi' Hollywood 10 Tahun ke Belakang

Hollywood sudah lama memposisikan diri sebagai salah satu industri film besar dunia. Film dan aktor/aktris mana saja yang sukses menarik perhatian selama 10 tahun terakhir?
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 18 Desember 2019  |  09:50 WIB
Menengok 'Isi' Hollywood 10 Tahun ke Belakang
Infografik film dan aktor serta aktris terlaris sepanjang 2010-2019. - Bisnis/Radityo Eko

Bisnis.com, JAKARTA — Tak terasa tahun hampir berganti, dekade baru menjelang. Selama 10 tahun terakhir, film apa yang paling mengesankan?

Sebagai industri hiburan yang sudah mapan, Hollywood tak pernah berhenti memproduksi film dan mendistribusikannya ke seluruh dunia. Jumlah film yang diproduksi sekitar 400-700 judul setahun.

Seluruhnya berasal dari berbagai genre dan kualitas serta biaya produksi yang berbeda-beda. Pun, tak semuanya disebarkan ke bioskop-bioskop di seluruh dunia.

Laporan Motion Picture Association of America (MPAA) bertajuk 2018 Theme Report yang dirilis pada Maret 2019, menyebutkan bahwa nilai box office global mencapai US$41,1 miliar pada 2018. Angka ini hanya naik 1 persen dari realisasi tahun sebelumnya.

Menurut Statista, industri film AS merupakan yang terbesar secara global, di bawah China dan India.

Namun, bagi warga Indonesia, film asal AS kemungkinan lebih familiar dan lebih mudah ditemukan ketimbang produksi Negeri Panda dan Bollywood. Pasalnya, film-film dari Negeri Paman Sam hampir selalu masuk jaringan bioskop besar di Indonesia.

Dalam 10 tahun terakhir, ada berbagai judul film yang sukses meraih perhatian besar dari para pecinta film global, termasuk Indonesia. Salah satunya tentu saja Avengers: Endgame.

Film ini bahkan sukses menggeser Avatar di posisi pertama film terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Padahal, Avatar sudah berada di peringkat pertama sejak 2009, setelah menundukkan Titanic.

Namun, dari sisi biaya, film tersebut masih kalah dari Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang menghabiskan US$379 juta dalam produksinya. Biaya produksi Avengers: Endgame tercatat sekitar US$23 juta lebih rendah.

Selain Avengers: Endgame, serangkaian film yang diproduksi Marvel Studios juga masuk dalam daftar film terlaris dalam periode 10 tahun terakhir, yakni Avengers: Infinity War, The Avengers, Avengers: Age of Ultron, dan Black Panther.

Di luar saga Avengers, seri Star Wars juga merajai box office dunia. Mengutip data Box Office Mojo, Star Wars: Episode VII - The Force Awakens yang rilis pada 2015, berada di ranking kedua film terlaris global dalam 10 tahun terakhir.

Jurassic World, The Lion King, Furious Seven, dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 melengkapi daftar ini. Meski, bukan tak mungkin Star Wars: Rise of the Skywalker, yang baru dirilis pada 18 Desember 2019, bisa melampaui pencapaian film-film tersebut.

Kesuksesan suatu film tentu juga berpengaruh terhadap pamor dan pendapatan para aktor serta aktris yang terlibat.

Chris Hemsworth, Robert Downey Jr, Scarlett Johansson, Chris Evans, dan Paul Rudd—yang seluruhnya terlibat dalam film-film Avengers—masuk dalam daftar aktor dan aktris dengan pendapatan tertinggi, seperti dilansir Forbes pada Agustus 2019.

Tetapi, peringkat pertama ditempati oleh Dwayne Johnson alias The Rock, dengan US$89,4 juta. Hemsworth hanya berada di posisi kedua dengan US$76,4 juta.

Sayangnya, dalam daftar 10 besar tersebut, hanya satu aktris yang masuk yakni Johansson dengan pendapatan US$56 juta.

Di tengah glamornya Hollywood, tampaknya kesetaraan pendapatan antara aktor dan aktris masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, film hollywood

Tag : Film, film hollywood
Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top